SILABUS
KEGIATAN PEMBELAJARAN
NAMA SEKOLAH : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS /
Semester : X (Sepuluh)
/ I
STANDAR
KOMPETENSI : Mengidentifikasi hakikat Biologi sebagai ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajatan
|
Nilai Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Mengidentifikasi Biologi sebagai pengetahuan dan produk ilmiah
|
·
Pengertian Biologi sebagai
ilmu
·
Cabang-cabang ilmu Biologi
·
Manfaat ilmu Biologi bagi kehidupan
|
·
Membaca buku dan mengumpulkan informasi tentang Biologi
·
Diskusi tentang pembagian dan pengelompokkan cabang-cabang
ilmu Biologi
·
Melakukan kajian literatur untuk menemukan berbagi manfaat Biologi bagi
kehidupan
|
Gemar membaca
Rasa ingin tahu
Kerja keras
Tanggung jawab
Komunikatif
|
·
Didefenisikan ilmu Biologi
·
Disebutkan dan mendeskripsikan cabang-cabang da lam
ilmu Biologi
·
Diidentifikasi manfaat ilmu Biologi bagi kehidupan
|
· Jenis tagihan:
Uji kompetensi
·
Instrumen
penilaian:
Soal uji kompetensi tertulis
|
4 x 40 menit
|
Sumber:
Buku Paket
Biologi untuk SMK Kesehatan 2011, referensi dari internet
Alat:
Komputer, LCD.
|
1.2. Mendeskripsi-kan bekerja
dengan metode ilmiah
|
·
Pengertian metode ilmiah
·
Langkah-langkah metode ilmiah untuk menemukan konsep
Biologi
·
Penerapan metode ilmiah dalam eksperimen Biologi
|
·
Membaca buku dan mengumpulkan informasi tentang metode
ilmiah
·
Membuat peta konsep langkah-langkah metode ilmiah.
·
Menerapkan metode ilmiah dalam eksperimen
|
Gemar membaca
Disiplin
Kreatif
Mandiri
|
· Didefenisikan metode ilmiah
· Dijelaskan langkah-langkah metode ilmiah
· Diterapkan metode ilmiah dalam eksperimen Biologi
|
· Jenis tagihan Tugas individu
·
Instrumen penilaian:
Produk peta konsep
langkah-langkah metode ilmiah
|
4 x 40 menit
|
Sumber:
Buku Paket
Biologi untuk SMK Kesehatan 2011, referensi dari internet
Alat:
Charta peta konsep
|
SILABUS
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS :
X (Sepuluh) / I
STANDAR
KOMPETENSI : Mengidentifikasi
sel dan jaringan makhluk hidup
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Nilai
Karakter
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
2.1 Mengidentifikasi sel tumbuhan dan sel hewan
|
· Sejarah singkat penemuan sel
· Struktur sel pada tumbuhan
· Struktur sel pada hewan
· Fungsi organel dalam sel tumbuhan dan hewan
|
·
Mengamati sel hewan dan sel tumbuhan menggunakan media
animasi
·
Membandingkan organel sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menggambarkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·
Menjelaskan bagian sistem membran dan organela pada sel
hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya masing-masing
|
Rasa ingin tahu
Disiplin
Kerja Keras
Bersahabat/
Komunikatif
|
·
Diidentifikasi
tokoh-tokoh yang mengungkapkan teori-teori awal penemu sel
·
Dibandingkan
hasil pengamatan bagian-bagian sel hewan dengan sel tumbuhan berdasarkan
pengamatan pada media animasi
·
Dideskripsikan
media animasi dan gambar sel hewan dan sel tumbuhan yang terlihat,seperti:
mengenali membran plasma dan organela (retikulum endoplasma, badan golgi,
mitokondria, lisosom, ribosom, khloroplast, sentiol, nukleus, dan nukleolus)
·
Dibandingkan fungsi
sistem membran dan organela sel hewan dan sel tumbuhan.
|
·
Jenis tagihan
1.Gambar sel hewan dan
sel tumbuhan
2. Uji kompetensi tertulis
·
Instrumen penilaian
1.
Soal uji kompetensi tertulis
|
4 x 40 menit
|
Sumber:
Buku acuan
yang relevan,.
Alat:
Laptop, LCD.
Bahan:
LKS, media animasi
|
2.2 Mengidentifikasi jaringan tumbuhan dan jaringan hewan
|
·
Sel tumbuhan
·
Sel hewan
·
Organel pada
tumbuhan
·
Fungsi organel
sel tumbuhan
·
Jaringan
tumbuhan dan fungsinya
·
Jaringan hewan
dan fungsinya
|
·
Mengamati penampang melintang dan membujur berbagai
jaringan tumbuhan (epidermis, parenkim, sklerenkim, xylem, floem, dan
kambium)
·
Diskusi dan tanya jawab tentang berbagai jaringan
tumbuhan beserta fungsinya
·
Menjelaskan perbedaan susunan strukur jaringan tumbuhan
monokotil dan dikotil
·
Menjelaskan struktur berbagai jaringan hewan (jaringan darah, otot, tulang, dll)
|
Disiplin
Kerja Keras
Tanggung Jawab
Gemar Membaca
|
·
Diidentifikasi jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk sel
dan fungsinya
·
Diidentifikasi jaringan tumbuhan berdasarkan struktur
yang menyusun
·
Ditunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele
·
Dideskripsikan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan
·
Dibedakan berbagai jaringan (epitel, otot, tulang,
saraf, dan ikat) pembentuk organ hewan
·
Dijelaskan fungsi masing-masing jaringan pada hewan
|
·
Jenis tagihan:
1. Uji kompe-tensi tertulis
·
Instrumen penilaian:
1. Lembar penilaian
diskusi
klasikal
2. Soal uji kompetensi
tertulis
|
4 x 40 menit
|
Sumber:
Buku acuan yang relevan.
Alat:
Laptop,
LCD
Bahan:
LKS, media animasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar