SELAMAT DATANG DIBLOG SAYA

Jangan Lupa Komentnya Agar Blog Ini Dapat Lebih Baik

Rabu, 17 Oktober 2012

SILABUS


SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

NAMA SEKOLAH                    : SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN 

MATA PELAJARAN                : BIOLOGI

KELAS / Semester                    : X (Sepuluh) / I
STANDAR KOMPETENSI      : Mengidentifikasi hakikat Biologi sebagai ilmu pengetahuan


Kompetensi Dasar


Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajatan

Nilai Karakter

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar


1.1 Mengidentifikasi Biologi sebagai pengetahuan dan produk ilmiah

·   Pengertian Biologi sebagai ilmu
·   Cabang-cabang ilmu Biologi
·   Manfaat ilmu Biologi bagi kehidupan


·   Membaca buku dan mengumpulkan informasi tentang Biologi
·   Diskusi tentang pembagian dan pengelompokkan cabang-cabang ilmu Biologi
·   Melakukan kajian literatur untuk menemukan berbagi manfaat Biologi bagi kehidupan


Gemar membaca

Rasa ingin tahu

Kerja keras

Tanggung jawab

Komunikatif


·   Didefenisikan ilmu Biologi
·   Disebutkan dan mendeskripsikan cabang-cabang da lam ilmu Biologi
·   Diidentifikasi manfaat ilmu Biologi bagi kehidupan




· Jenis tagihan:
Uji kompetensi

· Instrumen  penilaian:
Soal uji kompetensi tertulis

4 x 40 menit

Sumber:
Buku Paket Biologi untuk SMK Kesehatan 2011, referensi dari internet

Alat:
Komputer, LCD.



1.2. Mendeskripsi-kan bekerja dengan metode ilmiah
·   Pengertian metode ilmiah
·   Langkah-langkah metode ilmiah untuk menemukan konsep Biologi
·   Penerapan metode ilmiah dalam eksperimen Biologi

·   Membaca buku dan mengumpulkan informasi tentang metode ilmiah
·   Membuat peta konsep langkah-langkah metode ilmiah.
·   Menerapkan metode ilmiah dalam eksperimen
Gemar membaca

Disiplin 

Kreatif
Mandiri
·   Didefenisikan metode ilmiah
·   Dijelaskan langkah-langkah metode ilmiah
·   Diterapkan metode ilmiah dalam eksperimen Biologi
· Jenis tagihan Tugas individu



·  Instrumen penilaian:
Produk peta konsep langkah-langkah metode ilmiah

4 x 40 menit
Sumber:
Buku Paket Biologi untuk SMK Kesehatan 2011, referensi dari internet
Alat:
Charta peta konsep






































SILABUS KEGIATAN PEMBELAJARAN

TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN            :           SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

MATA PELAJARAN                         :           BIOLOGI

KELAS                                               :           X (Sepuluh) / I
STANDAR KOMPETENSI               :           Mengidentifikasi sel dan jaringan makhluk hidup


Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran

Nilai Karakter
Indikator
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
2.1 Mengidentifikasi sel tumbuhan dan sel hewan


·   Sejarah singkat penemuan sel
·   Struktur sel pada tumbuhan
·   Struktur sel pada hewan
·   Fungsi organel dalam sel tumbuhan dan hewan
·   Mengamati sel hewan dan sel tumbuhan menggunakan media animasi
·   Membandingkan organel sel hewan dan sel tumbuhan
·   Menggambarkan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan
·   Menjelaskan bagian sistem membran dan organela pada sel hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya masing-masing


Rasa ingin tahu

Disiplin

Kerja Keras

Bersahabat/
Komunikatif
·   Diidentifikasi tokoh-tokoh yang mengungkapkan teori-teori awal penemu sel
·   Dibandingkan hasil pengamatan bagian-bagian sel hewan dengan sel tumbuhan berdasarkan pengamatan pada media animasi
·   Dideskripsikan media animasi dan gambar sel hewan dan sel tumbuhan yang terlihat,seperti: mengenali membran plasma dan organela (retikulum endoplasma, badan golgi, mitokondria, lisosom, ribosom, khloroplast, sentiol, nukleus, dan nukleolus)
·   Dibandingkan fungsi sistem membran dan organela sel hewan dan sel tumbuhan.
·  Jenis tagihan
1.Gambar sel hewan dan sel tumbuhan
2. Uji kompetensi tertulis

·     Instrumen penilaian
1.     Soal uji kompetensi tertulis




4 x 40 menit

Sumber:
Buku  acuan yang relevan,.

Alat:
Laptop, LCD.

Bahan:
LKS, media animasi



2.2 Mengidentifikasi jaringan tumbuhan dan jaringan hewan
·   Sel tumbuhan
·   Sel hewan
·   Organel pada tumbuhan
·   Fungsi organel sel tumbuhan
·   Jaringan tumbuhan dan fungsinya
·   Jaringan hewan dan fungsinya
·  Mengamati penampang melintang dan membujur berbagai jaringan tumbuhan (epidermis, parenkim, sklerenkim, xylem, floem, dan kambium)
·  Diskusi dan tanya jawab tentang berbagai jaringan tumbuhan beserta fungsinya
·  Menjelaskan perbedaan susunan strukur jaringan tumbuhan monokotil dan dikotil
·  Menjelaskan struktur berbagai jaringan hewan  (jaringan darah, otot, tulang, dll)


Disiplin

Kerja Keras

Tanggung Jawab

Gemar Membaca
·   Diidentifikasi jaringan tumbuhan berdasarkan bentuk sel dan fungsinya
·   Diidentifikasi jaringan tumbuhan berdasarkan struktur yang menyusun
·   Ditunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele
·   Dideskripsikan fungsi masing-masing jaringan tumbuhan
·   Dibedakan berbagai jaringan (epitel, otot, tulang, saraf, dan ikat) pembentuk organ hewan
·   Dijelaskan fungsi masing-masing jaringan pada hewan


·  Jenis tagihan:
1.  Uji kompe-tensi tertulis

·  Instrumen penilaian:
1.   Lembar penilaian
diskusi
klasikal
2.    Soal uji kompetensi tertulis

4 x 40 menit


Sumber:
Buku  acuan yang relevan.

Alat:
Laptop, LCD

Bahan:
LKS, media animasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar