SELAMAT DATANG DIBLOG SAYA

Jangan Lupa Komentnya Agar Blog Ini Dapat Lebih Baik

Rabu, 17 Oktober 2012

RPP sel


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

                                    Sekolah                       : SMK Farmasi Samarinda
                                    Mata Pelajaran          : Biologi
                                    Kelas / Semester         : X (sepuluh)/1 (Satu)
                                    Pertemuan                 : pertama
                                    Waktu                        : 2 x 45 menit

I.         Standar Kompetensi
       Mengidentifikasi sel dan jaringan makhluk hidup
II.      Kompetensi Dasar
        Mengidentifikasi sel tumbuhan dan sel hewan
           
III.   Indikator
1.    Menjelaskn tentang struktur atau bagian-bagian sel
2.    Menjelaskan perbandingan antara sel prokariotik dengan eukariotik
3.    Menjelaskan fungsi dari organel-organel sel
IV.   Tujuan Pembelajaran
  1. Siwa dapat menjelaskn tentang struktur atau bagian-bagian sel
  2. Siswa dapat menjelaskan perbandingan antara sel prokariotik dengan eukariotik
  3. Siwa dapat menjelaskan menjelaskan fungsi dari organel-organel sel
Karakter siswa yang diharapkan:
  • ·         Rasa ingin tahu
  • ·         Disiplin
  • ·         Kerja keras
  • ·         Komunikatif
V.      Materi Pembelajaran
·         Definisi sel
·         Perbandingan antara sel prokariotik dengan eukariotik
·         Struktur sel
1.      Membran sel
2.      Inti sel
3.      Sitoplasma
4.      Organel sel
1.      Retikulum endoplasma
2.      Badan golgi
3.      Ribosom
4.      Lisosom
5.      Peroksisom
VI.        Media Pembelajaran
·  Alat tulis
·  Buku panduan
·   Teks soal tebakan
VII.     Strategi Pembelajaran
1.      Pendekatan (10 menit)
·         Pembelajaran konstektual
2.      Model pembelajaran
·         Tebak kata
3.      Metode Pembelajaran
·      Ceramah
·      Tanya jawab
·      Penugasan

VIII   Skenario Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
a.       Mengucapkan salam
b.      Berdoa
c.       Mengabsen
d.      Apersepsi
1.      Apa unit terkecil sebagai penyusun struktur tubuh organisme ?
b.  Pengetahuan Prasyarat
      Siswa telah memahami bahwa suatu organisme dapat hidup karena adanya sel sebagai 
      penyusun struktur tubuh organisme
2.  Kegiatan Inti (70 menit)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, :
·           Guru memberikan informasi agar siswa dapat memahami bahwa suatu organisme dapat tumbuh dan berkembang dikarenakan adanya unit-unit penyusun struktur tubuh organisme yang dinamakan sel.
·           Guru memberikan informasi agar siswa dapat mengetahui perbedaan sel prokariotik dengan sel eukriotik .
·           Guru melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari berbagai sumber.
·           Guru menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·           Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
·           Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
·         Guru menyampaikan materi secara singkat
·         Guru menyiapkan kertas soal yang berisi tebakan
·         Guru menghimbau dua orang siswa untuk maju kedepn
·         Siswa yang satu diberikan soal yang berisi tebakan dan yang satunya siap untuk menjawab.
·         Untuk mengefisienkan waktu batas untuk menjawab adalah 1 menit
·         Yang bisa menjawab diberi reward atau nilai tambahan
·         Guru memberi evaluasi
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·         Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
·         Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
      Dalam kegiatan penutup, guru:
·         Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan dari hasil pembelajarannya.
·         Guru memberi tugas rumah untuk mempelajari tentang materi selanjutnya.
IX.     Sumber Pembelajaran
              1. Ernawati, dkk. Biologi kelompok kesehatan dan pertanian SMK dan MAK kelas X. Jakarta : Erlangga     
              2.  internet
              3.  Buku-buku IPA yang relevan.
             

X. Evaluasi
A.      Evaluasi Proses

No
Nama siswa
Aspek Yang Dinilai
Rata-rata
Kognitif
Apektif
Psikomotorik
KB
KMP
KP
KMT
KDS
KSP
KMA
KMA'
K
A
P
1

ü
 
ü
 

 
 
  



2

ü





 
  



3

ü


 


  
  



4

ü
 




 
  



5

ü
 

 
  

 
  



6

ü
 
ü
 

 
 
  



7

ü





 
  



8

ü


 


  
  



9

ü
 




 
  



10

ü
 

 
  

 
  



       LEMBAR OBSERVASI PERAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
                        Nilai = Fe    x 100 %
                                    Fo
Keterangan :
fo = frekuensi observasi
 fe = frekuensi harapan
-        KB      :Kemampuan bertanya
-        KMP   : Kemampuan menjawab pertanyaan
-        KP       : Kemampuan presentasi
-        KMT   : Kemampuan memotifasi teman
-        KDS    : Kedisiplinan
-        KSP     : Kesopanan
-        KMA   : Kemampuan menggunakan alat
-        KMA’ : Kemampuan menguasai alat-alat

B.     Instrumen soal
1.      Sebutkan bagian-bagian atau struktur dari sel ?
2.      Jelaskan perbandingan antara sel prokariotik dengan eukariotik ?
3.      Jelaskan fungsi organel-organel sel dibawah ini ?
a.      Reticulum endoplasma
b.      Ribosom
c.       Mitokondria
d.      Badan golgi
Jawaban
1.      Membran plasma, dinding sel, nucleus ( inti sel ), sitoplasma, organel-organel : reticulum endoplasma, badan golgi, ribosom, mitokondria, lisosom, peroksisom
2.       
No
Organel
Prokariotik
Eukariotik
1
Membran Plasma
Ada

2
Sitoplasma
Ada
Ada
3
Ribosom
Ada
Ada
4
Dinding Sel
Ada

5
Mesosom
Ada

6
Nukleus

Ada
7
Retikulum Endoplasma

Ada
8
Sentriol

Ada
9
Lisosom

Ada
10
Kompleks Golgi

Ada
11
Mitokondria

Ada
12
Badan Mikro

Ada
3.      a.     Rentikulum endoplasma berfungsi  mensintesis lemak dan kolesterol,   
        menampung protein yang disintesis oleh ribosom.
b.         Ribosom berfungsi mensintesis protein
c.         Mitokondria berfungsi sebagai pusat respirasi sel untuk menghasilkan energi ATP
d.        Badan golgi berfungsi memproses dan mngemas protein
XI.  Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
skor
Tes tulis


Tes tulis



Tes tertulis



Tes isian


Tes isian



Tes isian



Sebutkan bagian-bagian atau struktur dari sel ?

Jelaskan perbandingan antara sel prokariotik dengan eukariotik ?

Jelaskan fungsi organel-organel sel dibawah ini ?
Reticulum endoplasma
Ribosom, mitokondria, dan badan golgi

20


35



45





                                                                                         Samarinda,  22 September 2012
Mengetahui,
Guru pamong                                                                    Mahasiswa PPL,



Ikhsan Wahyudi, S.Pd                                                     Goregorius Lejiu
                                                                                           NIM.09.0501.5076

Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                  Dosen Pembimbing



Sudarso, S.Pd, M.Si                                                         Sri purwati, S.Pd. M.Si                               
                                                                                           NIP.19730424 200012 2 001









1 komentar:

  1. trims ya....... ada gak rpp yg lengkap dengan sumber belajar yang sama karangan ernawati,dkk

    BalasHapus