RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMK Farmasi Samarinda
Mata Pelajaran : Biologi
Kelas / Semester : X (sepuluh)/1 (Satu)
Pertemuan : pertama
Waktu : 2 x 45 menit
I.
Standar
Kompetensi
Memahami pengaruh dan peranan manusia dalam menjaga keseimbangan lingkungan
II. Kompetensi Dasar
Menjelaskan keterkaitan masalah
perusakan dan pelestarian lingkungan dengan kegiatan
manusia.
III. Indikator
1.
Menjelaskan
dampak eksploitasi ekosistem secara berlebihan terhadap ekosistem
2.
Menjelaskan
macam-macam pencemaran lingkungan ( polusi )
3.
Membedakan
jenis-jenis polusi pada lingkungan sekitar
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Siswa
dapat menjelaskan dampak eksploitasi
ekosistem secara berlebihan terhadap ekosistem
4.
Siswa dapat menjelaskan macam-macam pencemaran lingkungan ( polusi )
5.
Siwa dapat membedakan jenis-jenis polusi pada lingkungan sekitar
Karakter siswa yang
diharapkan:
·
Rasa ingin tahu
·
Peduli lingkungan
·
Tanggung jawab
·
Komunikatif
V.
Materi
Pembelajaran
·
Definisi eksploitasi
·
Dampak eksploitasi berlebihan terhadap ekosistem
1.
Kerusakan habitat
2.
Berkurangnya sumber daya alam
3.
Hilangnya kesuburan tanah
4.
Penyusutan keanekaragaman hayati
5.
Hilangnya spesies penting dalam ekosistem
·
Devinisi encemaran lingkungan ( polusi )
·
Macam-macam polusi
1.
Polusi udara
a.
Pencemar primer
b.
Pencemar sekunder
2.
Polusi air
3.
Tanah
4.
Polusi suara
VI.
Media
Pembelajaran
·
Alat tulis
·
Buku panduan
·
LCD
VII. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan
(10 menit)
·
Pembelajaran konstektual
2. Model
pembelajaran
·
Tebak kata
3.
Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Tanya jawab
·
Diskusi
VIII Skenario Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
a.
Mengucapkan salam
b. Berdoa
c. Mengabsen
d. Apersepsi
1. Coba
liat didaerah jalan menuju kotabangun hutannya hampir semua gundul, dan
tanah-tanah yang berlubang. Hal-hal tersebut disebabkan oleh ? apakah kalian
tau dampak yang timbul dari perusahaan batu bara itu ?
e. Pengetahuan
Prasyarat
Siswa telah memahami bahwa penggundulan
hutan, pencemaran air, peningkatan populasi manusia, dll merupakan masalah
lingkungan.
2.
Kegiatan Inti (70 menit)
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, :
·
Guru memberikan informasi agar siswa dapat
memahami bahwa penggunaan sumber daya alam secara berlebihan akan menimbulkan
dampak-dampak negatif.
·
Guru memberikan informasi agar siswa dapat
mengetahui macam-macam populasi berdasarkan bahan pencemaran, tingkat
pencemaran, dan berdasarkan tempat terjadinya.
·
Guru melibatkan peserta didik mencari informasi
yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dari
berbagai sumber.
·
Guru menggunakan beragam pendekatan
pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain.
·
Guru memfasilitasi terjadinya interaksi antar
peserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber
belajar lainnya
·
Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam
setiap kegiatan pembelajaran.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru:
·
Guru menyampaikan materi secara singkat
·
Guru membentuk kelompok berpasangan untuk
mengetahui daya serap siswa terhadap pembelajaran
·
Guru menghimbau seorang dari pasangan itu
menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar
sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga
kelompok lainnya
·
Guru menghimbau siswa secara bergiliran/diacak
menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa
sudah menyampaikan hasil wawancaranya
·
Guru memberi evaluasi
Guru memberikan penghargaan atau reward
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan
3.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Dalam
kegiatan penutup, guru:
·
Dengan bantuan guru, siswa membuat kesimpulan
dari hasil pembelajarannya.
·
Guru memberi tugas rumah untuk mempelajari
tentang materi selanjutnya.
IX. Sumber Pembelajaran
1. Komala ratna, dkk. Biologi
kelompok kesehatan dan pertanian SMK dan MAK kelas XII. Jakarta : Erlangga
2. internet
3. Buku-buku
IPA yang relevan.
X. Evaluasi
A. Evaluasi Proses
No
|
Nama siswa
|
Aspek Yang Dinilai
|
Rata-rata
|
|||||||||
Kognitif
|
Apektif
|
Psikomotorik
|
||||||||||
KB
|
KMP
|
KP
|
KMT
|
KDS
|
KSP
|
KMA
|
KMA'
|
K
|
A
|
P
|
||
1
|
ü
|
|
ü
|
|
|
|
|
|||||
2
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
ü
|
|
ü
|
|
|
|
|
|||||
7
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
ü
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR OBSERVASI PERAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN
Nilai = Fe
x 100 %
Fo
Keterangan :
fo = frekuensi observasi
fe = frekuensi harapan
-
KB :Kemampuan
bertanya
-
KMP : Kemampuan
menjawab pertanyaan
-
KP :
Kemampuan presentasi
-
KMT : Kemampuan
memotifasi teman
-
KDS :
Kedisiplinan
-
KSP :
Kesopanan
-
KMA : Kemampuan
menggunakan alat
-
KMA : Kemampuan
menguasai alat-alat
B. Instrumen soal
1. Sebutkan
beberapa dampak negative akibat eksploitasi ekosistem secara berlebihan ?
2. Ada
3 macam polusi yang anda ketahui, coba jelaskan jelaskan salah satu polusi saja
yaitu polusi berdasarkan tingkat pencemarannya ?
3. Sebut
dan jelaskan polusi apa saja yang dibagi berdasarkan tempat terjadinya ?
Jawaban
1.
Kerusakan habitat, berkurangnya sumber daya alam
terbarui, hilangnya kesuburan tanah, penyusutan kenekaragaman hayati, hilangnya
spesies penting dalam ekosistem
2.
Berdasarkan tingkat pencemarannya, polusi dibedakan
menjadi 3 macam yaitu :
1.
Pencemaran mulai mengakibatkan iritasi ringan pada
tubuh. Misalnya gas buang kendaraan bermotor
2.
Pencemaran yang sudah menyebabkan penyakit kronis.
Misalnya pencemaran raksa yang menyebabkan kanker
3.
Pencemaran zat-zat dalam kadar/jumlah besar sehingga
dapat menyebabkan kematian. Misalnya pencemran nuklir akibat kebocoran reactor
nuklir.
3.
Berdasarkan tempat terjadinya polusi debedakan menjadi
:
1.
Polusi udara : polusi yang diakibatkan oleh kendaraan
bermotor atau pabrik-pabrik besar. Pencemaran udara dibedakan menjadi :
pencemar primer yaitu pencenran yang timbul langsung dari pencemaran udara.
Pencemaran sekunder : pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar
primer diatmosfer
2.
Polusi air : masuknya atau dimasuknya makhluk hidup,
zat, energi, dan komponen lain kedalam air sehingga menyebabkan penurunan
kualitas air sehingga air tidak berfungsi sebagai mana mestinya
3.
Polusi tanah : masuknya atau zat, energi, dan komponen
lain kedalam tanah oleh kegiatan manusia misalnya penyemprotan tanah
menggunakan zat berbahaya bagi tanah
4.
Polusi udara : pencemaran yang diakibatkan oleh bunyi
kendaraan bermotor. Misalnya pabrik, kenalpot motor dll yang menghasilkan bunyi
XI. Penilaian
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
skor
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tertulis
|
Tes isian
Tes isian
Tes isian
|
Sebutkan beberapa dampak negative akibat eksploitasi
ekosistem secara berlebihan ?
Ada 3 macam polusi yang anda ketahui, coba jelaskan
jelaskan salah satu polusi saja yaitu polusi berdasarkan tingkat pencemarannya
?
Sebut dan jelaskan polusi apa saja yang dibagi berdasarkan
tempat terjadinya ?
|
20
35
45
|
Samarinda,
22 September 2012
Mengetahui,
Guru pamong Mahasiswa PPL,
Ikhsan Wahyudi, S.Pd
Goregorius Lejiu
NIM.09.0501.5076
Mengetahui,
Kepala Sekolah Dosen Pembimbing
Sudarso, S.Pd, M.Si
Sri purwati, S.Pd. M.Si
NIP.19730424 200012 2 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar