RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SMA
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas / Semester :
X/1
Pokok Bahasan :
Monera
Sub Pokok bahasan : Ganggang hijau
biru ( cyanobacteria )
Waktu :
2 x 45 Menit
I.
Standar Kompetensi
Memahami
prinsip-prinsip pengelompokan mahluk hidup
II.
Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan
ciri-ciri ganggang hijau biru dan peranannya dalam kehidupan manusia
III.
Indikator
1.
Menjelaskan ciri-ciri ganggang
hijau biru menggunakan powerpoint
2.
Menjelaskan cara reproduksi
ganggang hijau biru menggunakan powerpoint
3.
Menjelaskan peranan ganggang hijau
biru bagi manusia menggunakan powerpoint
IV.
Tujuan Pembelajaran
1.
Menjelaskan ciri-ciri ganggang
hijau biru setelah diskusi, dan difasilitasi guru
2.
Menjelaskan cara reproduksi ganggang
hijau biru setelah diskusi, dan difasilitasi guru
3.
Menjelaskan peranan ganggang hijau
biru bagi manusia setelah diskusi, dan difasilitasi guru
V.
Materi Pembelajaran
VI.
Media Pembelajaran
·
Alat tulis
·
Tongkat ( stik )
·
Sound ( tipe )
VII.
Strategi Pembelajaran
·
Talking stik
VIII. Metode Pembelajaran
·
Ceramah
·
Stimulasi permainan
·
evaluasi
IX.
Skenario Pembelajaran
a. Kegiatan awal (10 menit)
·
Mengucapkan salam
·
Berdoa
·
Motifasi/Apersepsi
1.
Dengan bertanya, tanaman apa saja
yang ada didalam air atau didanau ?
2.
Dengan bertanya keterkaitan antara
materi minggu lalu dengan sekarang. Minggu lalu kita telah belajar tentang
kingdom monera, sekarang ibu tanya kenapa ganggang hijau biru termasuk dalam
kingdom monera ?
·
Menuliskan indikator di papan
tulis
·
Menuliskan tujuan pembelajaran di
papan tulis
b. Kegiatan inti (65 menit)
·
Guru menyampaikan materi secara
singkat dan jelas
·
Guru membagi siswa kedalam
kelompok
·
Guru menyiapkan sebuah tongkat
·
Guru memberikan penjelasan cara permainan
talking stik
·
Setelah
selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup
bukunya
·
Guru
mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa yang ada dalam satu kelompok
·
Guru
mulai memainkan musik dan tongkat pun dijalankan kesetiap siswa, setelah musik
berhenti, siswa yang mendapatkan tongkat tersebut diberikan pertanyaan dan
wajib menjawab. Batas waktu menjawab 1 menit.
·
Apabila
siswa tersebut bisa menjawab, diberikan reword dan apabila siswa tersebut tidak
bisa menjawab, teman kelompok bisa membantu menjawab. Dan apa bila kelompok
tidak bisa juga menjawab, kelompok lain bisa membantu jawab.
·
Setelah
permainan selesai guru memberikan kesempatan untuk bertanya sesuai materi yang
telah diberikan.
c. Kegiatan akhir (15 menit)
·
Guru membimbing siswa dalam
membuat kesimpulan
·
Guru memberi acuan untuk materi
selanjutnya
·
Guru memberi kesempatan untuk
berdoa
·
Mengucapkan salam
X.
Sumber Pembelajaran
·
Buku Syamsuri istamar.2004.
Biologi Untuk SMA Kelas X Semester 1. Erlangga : jakarta
·
Internet
XI.
Evaluasi
Evaluasi Produk
Soal !
1. Sebutkan bagian-bagian
penyusun sel ganggang hijau biru ?
2. Sebutkan dan jelaskan cara peranan ganggang hijau biru
bagi manusia ?
3. Sebutkan dan jelaskan jenis ganggang hijau biru bersel satu ?
XII.
Rubrik Penilaian
NNo
|
Deskripsi
|
Skor
|
|
11
|
Jika lembar jawaban kosong
|
0
|
|
Jika jawaban salah atau tidak lengkap dengan bahasa baik
atau tidak baik
|
5
|
||
Jika jawaban kurang lengkap dengan bahasa baik atau tidak
baik
|
10
|
||
Jika jawaban benar namun kata-kata kurang/tidak lengkap
|
15
|
||
Jika jawaban benar dan susunan kalimat lengkap
|
25
|
||
·
Dinding sel
·
Membran sel
·
Sitoplasma
·
Asam nukleat
( DNA )
·
Mesosom dan
ribosom
|
No
|
Deskripsi
|
skor
|
|
22
|
Jika
lembar jawaban kosong
|
0
|
|
Jika
jawaban salah atau tidak lengkap dengan bahasa baik atau tidak baik
|
5
|
||
Jika
jawaban kurang lengkap dengan bahasa baik atau tidak baik
|
15
|
||
Jika
jawaban benar namun kata-kata kurang/tidak lengkap
|
25
|
||
Jika
jawaban benar dan susunan kalimat lengkap
|
35
|
||
·
Merugikan
Karena ganggang hijau biru yang hidup diair ada
yang mngeluarkan racun, karena dapat meracuni organisme yang meminumnya. Yang
merugikan lainya yaitu yang hidup ditembok dan batu sehingga tembok akan
mudah lapuk.
·
Menguntungkan
Mengikat nitrogen bebas, Nostoc, Gloeocapsa Dan Anabaena merupakan ganggang hijau biru
yang dapat menangkap nitrogen dari udara. Dan sebagai bahan makanan,
spirulina yang tumbuh berbentuk spiral dapat dijadikan makanan dan dapat
menghasilkan protein.
|
No
|
Deskripsi
|
skor
|
|
33
|
Jika lembar
jawaban kosong
|
0
|
|
Jika
jawaban salah atau tidak lengkap dengan bahasa baik atau tidak baik
|
10
|
||
Jika
jawaban kurang lengkap dengan bahasa baik atau tidak baik
|
20
|
||
Jika
jawaban benar namun kata-kata kurang/tidak lengkap
|
30
|
||
Jika
jawaban benar dan susunan kalimat lengkap
|
40
|
||
·
Chroococcus
Hidup didasar kolam atau ditembok yang basah. Tubuhnya diselubungi
lendir. Ganggang ini bereproduksi dengan pembelahan biner. Sering terdapat
sel yang bergandengan dua atau empat. Sel tersebut adalah sel yang gagal
berpisah
·
Gloeocapsa
Hidup dipermukaan batu yang basah, menyebabkan batu licin. Memiliki
selubung lendir seperti chrooococcus.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar